Jumat, 04 November 2011

Peluang Bisnis Es Krim Jamu


Sejak ratusan tahun lalu, nenek moyang bangsa Indonesia terkenal pandai meracik jamu dan obat-obatan tradisional. Beragam tumbuh-tumbuhan tradisional, akar-akaran, dan bahan alami yang lainnya diracik sebagai ramuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kemahiran meracik bahan-bahan itu diwariskan nenek moyang kita secara turun-temurun dari satu generasi kegenerasi berikutnya hingga jaman kita sekarang ini.

Jamu dan obat-obatan tradisional telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu jamu, sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang hingga saat ini masih diteruskan dan dikembangkan eksistensinya. Tak disangka jamu,  yang pada awalnya hanya berbasis tradisi dan budaya secara sederhana, kini telah berkembang pesat sebagai industri modern dengan berbagai produk inovasinya, baik dari segi macam produknya, kemasannya, maupun pemanfaatannya.  Namun yang menjadi pertanyaan sekarang ini sudah seberapa jauh inovasi yang telah dilakukan produsen jamu.

Dalam upaya mengembangkan jamu untuk dapat berperan sebagai salah satu kontributor pemasok devisa negara, setidaknya ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan. Di antara peluang tersebut ialah dengan terus mengadakan inovasi dari  segi tampilan, produk. Inovasi dari produk jamu sedikit banyak sangat berperan besar dalam mencari peluang pasar baru. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuka pasar baru produk jamu ialah dengan mencitrakan  bahwa jamu ialah minuman untuk semua kalangan, bukan hanya untuk kalangan menengah ke bawah.

Usaha untuk menaikan level citra jamu salah satunya dengan mengkombinasikan produk jamu dengan produk lain. Salah satu produk yang sangat populer tidak hanya di dalam tetapi juga di luar negeri ialah es krim. Es krim merupakan minuman yang disukai baik anak, remaja, ataupun orang dewasa. Dengan alasan disukai semua kalangan dan kepopuleran produk es krim di luar negeri maka mengkombinasikan jamu dan es krim dirasa dapat diterima dan sangat rasional untuk dapat dilaksanakan.

Usaha yang dapat ditempuh untuk memopulerkan produk jamu dengan citarasa internasional ialah dengan pembuatan produk eskrim dengan variasi rasa jamu. Untuk itu usaha pembuatan es krim citarasa jamu dapat dijadikan peluang  usaha yang cukup baik untuk dikembangkan menjadi home industry

Tidak ada komentar: