Selasa, 17 November 2015

Mengenal Keunggulan Telegram Lebih Dekat

Telegram adalah aplikasi messenger dengan platform cepat, aman, dan gratis. Meski sudah berusia 2 tahun, Telegram baru mulai ngeboming  akhir – akhir ini , dan ane pun baru tahu setelah admin grup  WhatsApps yang ane ikutin, ngasih link Channel Telegram. Dan dari sinilah ane mulai tertarik dan mempelajari onderdil dari si Telegram. Setelah dicoba-coba keren juga sih jika dibandingkan dengan WhatsApps ataupun BBM.

Selanjutnya  dari pengalaman yang ane ketahui , ternyata Telegram Messenger sendiri adalah aplikasi pengirim pesan dengan banyak nilai plus dibandingkan pendahulunya (WA, BBM).  Kalau dilihat dari tampilan dan cara penggunaannya sih, Telegram nyaris sama persis dengan WhatsApp. Hanya saja bedanya, Telegram menawarkan fitur-fitur yang lebih wah dibanding WhatsApp.

Apa saja fitur-fitur unggulan dari Telegram yang tak dimiliki WhatsApp. Berikut ane sajikan bbrapa reviewnya :

  1. Telegram gratis selamanya (begitu keterangan dari web resmi mereka). Telegram gratis selamanya. Tanpa iklan. Tidak ada biaya berlangganan. Telegram memiliki API yang terbuka dan protokol gratis untuk semua orang.
  2. Support anggota Grup sampai hingga 200 anggota. Bandingkan dengan WA yang hanya terbatas 50 anggota. So, bisa di adu lah!!
  3. Support Channel dengan audience yang luas, bahkan bisa support puluhan ribu audience (pic  sample 57ribu member- di web resminya), sangat cocok bagi Anda yang memiliki komunitas dengan target Audience besar.
  4. Bisa Singkronisasi Chatting di semua perangkat baik itu Smart Phone, PC, Tablet, Mac Computer (Telegram Cloud-Based)
  5. Telegram memberikan pesan lebih cepat daripada aplikasi lainnya.
  6. Telegram memiliki fitur “Secret Chat” yang bisa anda akses pada menu di sebelah kanan atas. Perbedaan fitur ini dari fitur obrolan biasa adalah terletak pada Enkripsi pesan yang dikirimkan pengguna. Dengan kata lain, pesan hanya bisa di eknsripsi (sistem penerjemahan) oleh si penerima, sehingga jikalau ada yang ingin membajak obrolan anda, maka mereka setidaknya akan merasa kesulitan membaca pesan yang masih dalam berbentuk kode.
  7. Telegram memiliki sistem keamanan “Self Destruction” dan fitur ini merupakan bagian dari “secret chats”. Fitur ini akan secara otomatis mendelet/menghancurkan pesan  History percakapan berdasarkan waktu yang kita tentukan. Anda bisa mengatur waktu penghapusan riwayat percakapan Anda dengan menekan Icon Waktu yang terdapat di bagian pojok kanan atas jendela  Aplikasi. Dengan fitur ini Anda bisa merasa lebih aman jikalau anda lupa menghapus informasi penting yang telah anda berikan kepada teman Anda.  Settingan penghancuran pesan secara otomatis bisa dilakukan dengan settingan mulai dari sekon, menit, jam, hari,  minggu dst.
  8. Telegram tidak memiliki batas pada ukuran media dan chatting
  9. Telegram yang memperbolehkan penggunanya untuk mengirim file-file yang ukurannya sampai bergiga-giga. Bahkan tidak seperti whatsapp, telegram juga membolehkan pengiriman dokumen. Bagaimana menurut Anda?
  10. Open API, beberapa item seperti bot dan sticker bisa dicustomize sendiri
  11. Support reply user. Misal jika kita ketik dan klik akun teman kita denga @nama akun, maka nama orang itu akan bisa kita panggil (cocok jika digunakan di obrolan grup)
  12. Saat share link situs tertentu akan ditampilkan previewnya seperti Facebook
  13. Open API, beberapa item seperti bot dan sticker bisa dicustomize sendiri
  14. Lebih hemat memori, sebab tidak disimpan di memori HP, sehingga lebih ringan serta aman
  15. Aman dari serangan hacker, bahkan konon si pemilik Telegram bersedia membayar 200 rb dolar bagi hacker yang mampu meretas…hemmm…untuk yang ini no coment lah!! Bandingkan dengan WhatsApps, berapa kali berhasil di hack? Gak percaya lihat saja banyak sekali tutorial buat bobol WhatssApps di Youtube maupun Mbah Google.
  16. Menggunakan "opt-in dua-arah" Ini berarti bahwa anda harus menambahkan atau menerima kontak sebelum dapat menggunakan pesan. Ini mencegah orang asing mengirimkan pesan yang tidak diinginkan.

So, itulah tadi 16  alasan kenapa Anda harus mencoba aplikasi telegram. Jika Anda telah nyaman dengan WhatsApps maka dengan Telegram Anda akan rasakan bedanya.

Selamat mencoba !!!


Tidak ada komentar: